Wisata Pemalang – Curug Bengkawah

Wisata Pemalang – Curug Bengkawah merupakan wisata air terjun atau curug yang berada di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Curug ini memiliki keindahan dimana ada dua air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter. Di sekitar curug ini terdapat bebatuan granit yang memberikan kesan eksotis. Suara air yang deras memberikan kesan yang berbeda jika kita berkunjung ke tempat ini.

Area Curug Bengkawah ditumbuhi pohon-pohon besar nan rindang. Suasananya masih sangat alami dan teduh yang memberi kenyamanan bagi para pengunjung.

Air curug ini tidak pernah kering. Air berasal dari aliran mata air di Desa Sodong Besari, sebuah desa baru hasil pemekaran Desa Sikasur. Airnya sangat jernih dan sangat segar.

Di bawah curug, cekungan air memiliki kedalaman hingga tiga meter. Area ini menjadi area yang tidak diperbolehkan bagi pengunjung untuk terlalu dekat. Pengelola sudah memberi batas aman untuk pengunjung dengan menggunakan tali. Jadi, kalo kita mau foto-foto ria usahakan tidak melebihi batas yang sudah dibuat.

Lokasi 
Seperti dijelaskan di atas bahwa lokasi wisata ini berada di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Lokasinya berjarak kurang lebih 32,8 km dari Alun-Alun Kabupaten Pemalang. Dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat, kita bisa menempuh dalam waktu kurang lebih 50 menit.

Desa Sikasur sendiri berada di jalur Pemalang – Purbalingga. Sehingga bagi para pengunjung dari selatan seperti Purbalingga, Wonosobo, Banyumas dan sekitarnya bisa dengan mudah menemukan tempat ini. Dari jalan Raya Pemalang – Purbalingga di Desa Sikasur sendiri jaraknya kurang lebih 2,6 km dengan waktu tempuh hanya 8 menit saja. Pastikan yah jika menuju lokasi kita harus melihat petunjuk jalan yang sudah dipasang.

Dari Jalan Raya Pemalang – Purbalingga hingga menuju gerbang Curug Bengkawah jalannya sudah sangat bagus. Hanya saja, saat ini pihak desa sedang mengupayakan untuk perbaikan akses jalan dari gerbang menuju lokasi yang belum beraspal. Informasinya harus ditunda hingga 2021 akibat anggaran dananya digunakan untuk penanganan Covid 19.

Dari gerbang para pengunjung akan menuju ke area parkir. Untuk motor saat ini masih tersedia luas, sedangkan untuk parkir mobil areanya masih terbatas. Setelah area parkir nanti kita akan melihat kompleks Bale Kangenan Cubeng. Di sini tersedia sebuah aula yang bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti rapat atau pertemuan-pertemuan penting. Di area ini pula tersedia fasilitas toilet untuk pengunjung. Selain itu, di bagian pojok ada stand UMKM. Jadi, buat para pengunjung yang datang bisa nih pulangnya bisa sekalian bawa oleh-oleh produk UMKM dari Kabupaten Pemalang.

Curug Bengkawah termasuk dalam kawasan Desa Wisata Sikasur. Selain Curug Bengkawah, di Desa Sikasur terdapat beberapa wahana wisata lain seperti Telaga Silating, Cubeng Rafting, Tubing.  Buat acara gathering kantor, Curug Bengkawah bisa banget. Paket wisata yang ditawarkan adalah Wisata Curug Bengkawah, Telaga Silating, Rafting, River tubing, , pertunjukan kesenian tradisional kuda lumping, sintren, karawitan, edukasi pertanian, edukasi musik tradisional, kuliner tradisional (getuk lindri, buntil, nasi tenong, kuliner olahan nanas  dan fasilitas homestay untuk menginap.

 

Fasilitas

  • Toilet
  • Parkir
  • Bale pertemuan
  • Stand oleh-oleh
  • Sewa ban (river tubing)

Daftar Tiket :
Harga Tiket Masuk (HTM) : Rp 5.000
Parkir motor : Rp 2.000
Parkir mobil : Rp 5.000
Rafting : mulai Rp 150.000
Tubing : Rp 4.000

Kontak

instagram : https://www.instagram.com/curugbengkawah/
Cubeng Rafting : https://www.instagram.com/cubengrafting/
facebook : https://www.facebook.com/Curug-Bengkawah-3096515103693733
youtube : –
Telp : 082328775373 (Warsito)