Kuliner Pemalang – Nasi Grombyang

Kuliner Pemalang – Selain lontong dekem, sate loso dan kue kamir, Kabupaten Pemalang memiliki warisan kuliner khas lainnya bernama Nasi Grombyang. Kudapan berkuah dengan bahan dasar daging kerbau atau sapi ini menjadi salah satu kuliner wajib yang harus kalian coba jika berkunjung ke Kabupaten Pemalang.

Nama nasi grombyang diambil dari bahasa jawa, “grombyang” yang berarti bergoyang. Filosofi grombyang sendiri berasal dari nasi yang disajikan dengan daging dan kuah yang “grombyang-grombyang”. Benar, nasi grombyang adalah kuliner seperti soto yang disajikan dengan mangkuk kecil  yang mana nasi dimasukkan ke dalamnya.

Selain nasi grombyang, saat disajikan ke meja para pengunjung biasanya disertakan dengan 10 tusuk sate daging atau jeroan dalam satu piring. Satenya bukan sate bakar melainkan sate bersrundeng. Dijamin deh kita akan menikmatinya dengan sangat seksama, hehe.

Tempat penjaja kuliner khas Pemalang ini tidak hanya di kawasan alun-alun atau kawasan kuliner di jalan RE Martadinata saja. Di beberapa titik di luar Kecamatan Pemalang juga kita bisa menjumpai kuliner ini dengan karakter masing-masing seperti Kecamatan Taman, Kecamatan Petarukan dan lainnya.

Beberapa nama yang sudah dikenal luas antara lain:

Grombyang Pak H. Warso
Jl. RE Martadinata, Pelutan, Pemalang

Grombyang Pak Waridin
Jl. Gatot Subroto No. 35, Mulyoharjo, Pemalang

Grombyang Pak Toli
Jl. RE Martadinata, Pelutan, Pemalang

Grombyang Pak Toyib
Jl. RE Martadinata, Pelutan, Pemalang

Grombyang Pak Roji
Jl. Mochtar, Alun-Alun Pemalang

Grombyang Pak Harso
Jl. Kol. Sugiono – Beji, Kec. Taman

Grombyang Si Nur
Jl. Perintis Kemerdekaan No. 79, Beji, Kec. Taman

Grombyang Bu Diroh
Jl. Pertintis Kemerdekaan, Beji, Kec. Taman

Grombyang Untung Zakaria
Jl. RA Kartini, Petarukan

 

Harga 
Grombyang mulai Rp 15.000/porsi
Sate Rp 5.000/tusuk