Wisata Pemalang – Pantai Sumur Pandan

Pantai Sumur Pandan
Pantai Sumur Pandan

Wisata Pemalang – Desa Nyamplungsari tak hanya dikenal dengan Pantai Joko Tingkir saja. Desa yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Petarukan ini masih memiliki beberapa pantai lagi yang tak kalah eksotis dan tentunya dapat dinikmati pengunjung, Pantai Sumur Pandan adalah salah satunya. Lokasinya terpaut jarak dua kilometer di sebelah timur Pantai Joko Tingkir yang menjadi pantai utama di Nyamplungsari, dan dapat ditempuh sekitar sepuluh menit berkendara jika berangkat dari sana.

Jika berangkat dari pusat kota,  kita dapat menempuh waktu kira-kira setengah jam perjalanan jika menggunakan kendaraan bermotor. Dari Alun-alun Kabupaten Pemalang, ambil arah ke timur, melewati jalan Jenderal Sudirman dan perempatan Exit Tol Pemalang. Kita akan melihat pertigaan SPBU Petarukan. Di situ belok ke arah kiri, melewati jalan Desa Tegalmlati hingga tiba di tujuan. Kita juga bisa menjangkaunya via Pasar Petarukan di jalur Pantura lalu belok ke utara sejauh tujuh kilometer melewati Kelurahan Petarukan, Desa Bulu, Desa Loning, Desa Pegundan, Desa Klareyan. Patokannya pas di Desa Kalreyan adalah SMPN 2 Petarukan. Di sebelah timur ada jalur menuju ke Pantai Sumur Pandan.

Nama Sumur Pandan sendiri diambil dari banyaknya tanaman pandan dan sumur pengairan besar yang berada di dekat pantainya. Beberapa sumber juga menyebutkan sumur itu dikeramatkan, ada pula yang mengaitkannya dengan situs Sigeseng yang ada di Desa Kendalrejo. Namun kebenarannya belum bisa dibuktikan sampai sekarang.

Pemandangan di sana sebenarnya hampir sama dengan Pantai Joko Tingkir yang ada di sisi barat pantai ini. Adanya hutan cemara laut di sepanjang pantai jelas menyejukkan mata. Hutan cemara ini juga dapat dipakai untuk bersepeda santai, cocok bagi para penikmat gowes terutama di alam terbuka. Suasana muara juga cukup terasa, karena beberapa nelayan menyinggahkan perahunya di pantai ini.

Satu hal yang menjadi pembeda adalah adanya puluhan bangku dan saung bambu, yang disusun secara terpusat dan rapi di bawah hutan cemara sisi barat pantai. Letaknya yang tak terlalu dekat dari kompleks warung membuat suasana yang tercipta di sana cukup damai. Bangku dan saung ini bisa dimanfaatkan dapat kita gunakan untuk piknik kecil-kecilan dengan keluarga, atau sekadar menghabiskan waktu bersama orang tercinta.

Bagi yang hobi memotret dan juga para pegiat konten, tak perlu khawatir. Tampilan pantai ini dapat direkomendasikan buat kalian yang mengincar potret matahari terbit dan tenggelam. Ada juga beberapa spot foto buatan yang disediakan oleh pengelola pantai. Hiasan dari botol plastik bekas di sekitar bangku dan saung juga bisa dimanfaatkan sebagai spot foto, serta dapat menambah kesan estetik dari foto yang dibuat.

Tak hanya itu, pengunjung yang membawa balita juga dapat mencoba fasilitas permainan anak-anak seperti odong-odong, sepeda air (water cycling), atau ayunan bambu dan ban. Beberapa pedagang di sana juga menyewakan mainan seperti mobil-mobilan mini dan sekop plastik untuk digunakan bermain pasir.

Setelah capek berkeliling dan bermain di pantai, kita dapat menikmati sajian yang ditawarkan para pedagang di sana. Pilihan menunya juga serupa dengan warung-warung di pantai Joko Tingkir, mulai dari lotek, mendoan atau aneka gorengan lainnya, dan juga olahan mie serta seafood. Saat musim hujan, persediaan seafood di sana mungkin akan sedikit menurun karena ikan memang lebih sulit didapatkan.

Untuk berwisata di sana, kita wajib membayar harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 pada hari biasa, dan Rp 5.000 pada hari libur. Harga yang cukup terjangkau dan sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati damainya pemandangan pantai dengan biaya yang minim. Adapun biaya parkir kendaraan yang dikenakan yakni sebesar Rp 2.000 untuk motor, dan Rp 3.000 untuk mobil.

Jangan takut kehabisan tempat parkir karena lahan parkir yang disediakan pengelola cukup luas. Tak ketinggalan pula fasilitas penunjang objek wisata seperti toilet air bersih untuk bilas, dan mushala yang diperuntukkan bagi para pengunjung yang beragama muslim dan ingin menunaikan ibadah.

Dengan segala fasilitas yang ditawarkannya, Pantai Sumur Pandan dapat menjadi alternatif rekreasi keluarga dan para remaja yang ingin melepas penat setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Biasanya, pantai ini akan sangat ramai pada akhir pekan dan hari libur, khususnya hari raya dan tahun baru.

Fasilitas

  • Toilet
  • Parkir
  • Musholah
  • Saung tempat duduk
  • Spot selfie

Daftar harga tiket :
Harga Tiket Masuk (HTM) : Rp 3.000 – Rp 5.000
Parkir Motor : Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 3.000

 

Peta Lokasi 

Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
7 KM dari Jalan Pantura Petarukan (SPBU Petarukan)
atau via Pasar Petarukan ke utara sekitar 6km

 

Tim Dokumentasi

Primagung