Wisata Pemalang – Panjat Tebing Bukit Mendelem

Wisata Pemalang – Kabupaten Pemalang, selain wilayahnya berada di garis pantai laut jawa, juga memiliki dataran tinggi dengan topografi berbukit. Salah satunya adalah Gunung Jimat atau Bukit Mendelem. Bukit ini merupakan wilayah bebatuan dengan ketinggian puncak 1.050 mdpl. Bukitnya cukup curam. Di bukit ini, dikembangkan wisata tantangan dengan nama Taman Rancah sejak 2017 lalu.

Dalam Taman ini ada beberapa pilihan wisata tantangan. Pertama adalah spot-spot foto menarik di ketinggian. Ada beberapa spot foto dengan background perbukitan. Eits, tetap keep safety yah dan selalu hati-hati.

Selanjutnya kita bisa menikmati flying fox dengan panjang 50 m. Flying fox ini berada di atas bebatuan dengan ketinggian kurang lebih 10m. Akan menjadi pengalaman yang seru jika kalian mencoba wahana flying fox ini.

Berikutnya adalah wahana wisata pemacu adrenalin Via Verata atau jalan besi. Wahana ini menutut keberanian dan ketangkasan kita untuk mencapai puncak Bukit Mendelem atau Gunung Jimat ini. Jalur pemanjatan berupa tangga besi yang ditancapkan ke bebatuan menggunakan perekat khusus. Ada 420 anak tangga yang harus dilalui untuk sampai puncak.

Saat ini terdapat tiga lokasi check pointΒ  pemanjatan bukit dengan via verata ini. Check point pertama di ketinggian 844 mdpl. Kedua di ketinggian 925 mdpl dan terakhir check point ketiga atau puncak dengan ketinggian 1.050 mdpl. Setelah sampai puncak, kita bisa turun kembali dengan via verata atau via jalur pendakian biasa yang ada di bagian belakang.

Di Indonesia wahana pemanjatan tebing/bukit dengan via verata ini hanya beberapa daerah saja yang mengembangkannya. Taman Rancah atau Bukit Mendelem di Kecamatan Belik ini adalah yang ketiga. Tempat pertama ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kedua di Trenggalek Jawa Timur dan keempat di Bukit Kalam Kalimantan Barat.

Oh iya shobat wisata, untuk dapat menggunakan wahana via verata ini ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • tidak punya riwayat jantung;
  • tidak ada phobia ketinggian;
  • kondisi cuaca sedang tidak hujan dan tidak ada petir.

Sebelum naik bukit, kita harus mengenakan perlengkapan safety berupa helm, carbiner, seat harness dan costel, dan helm. Untuk menghindari kram ketika sedang memanjat, kita wajib melakukan pemanasan yang dipandu oleh guide dari Taman Rancah. Jangan lupa berdoa sebelum memanjat untuk keselamatan bersama.

Oh iya, sebagai pengaman ketika memanjat. Kita menggunakan dua tali. Pertama nanti dikaitkan ke jalur besi di samping tangga besi sedangkan satu lagi dikaitkan ke tangga besi. Ingat, saat pemindahan tali salah satunya harus dalam kondisi terpasang.


Selain lokasi penyedia yang saat ini masih terbatas, pemanjatan tebing dengan via verata ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi penggunanya. Kita bisa melihat dari atas wilayah-wilayah di bawahnya. Kita juga dapat foto di atas ketinggian Bukit Mendelem yang tentunya tidak semua orang memiliki pengalaman yang sama.

Selain spot foto dan via verata, di Taman Rancah ini juga menyediakan area lokasi buat camping. Kapasitas untuk camping adalah 20 tenda.

Event
Di bukit mendelem setiap tahunnya dilakukan pengibaran bendera merah putih raksasa yang dilaksanakan bersamaan dengan HUT Republik Indonesia.

Lokasi
Dusun Tampol, Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang
berada di Jalur Pemalang – Purbalingga
Jarak dari Alun-Alun Pemalang kurang lebih 42,2km dengan waktu tempuh 1 jam menggunakan kendaraan pribadi

Jika naik kendaraan umum, gunakan bus jurusan Pemalang – Purwokerto turun di Desa Mendelem sambung dengan ojeg.

Fasilitas :
– Lokasi Parkir
– Toilet
– Asuransi
– Air Mineral
– Guide
– Piagam

 

HTM
Rp 5.000/orang

Rp 60.000 Via Verata (Check point 1)
Rp 120.000 Via Verata (check point 2)
Rp 200.000 Via Verata (check point 3 atau puncak)
ket. sudah termasuk asuransi
Rp 2.000 (parkir motor)
Rp 5.000 (parkir mobil)

Kontak :
Telp. 082327800081
ig @tamanrancah
facebook : Taman Rancah
youtube : Taman Rancah