Wisata Pemalang – Benowo Park

Wisata Pemalang – Benowo Park merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Di kawasan wisata ini kita dapat menikmati aneka wahana wisata. Salah satunya adalah hadirnya jajanan tradisional dan uang klitik (terbuat dari kayu). Setiap sebulan sekali tepatnya pada hari Kamis Wage (penanggalan Jawa), di Benowo Park diselenggarakan Pasar Kamis Wage.

Nama Benowo sendiri diambil dari salah satu tokoh bernama Pangeran Benowo yang merupakan putra dari Jaka Tingkir atau sultan dari Kerajaan Pajang. Di kawasan Benowo Park ini pula terdapat Makam Pangeran Benowo dan menjadi salah satu lokasi wisata religi.

Masuk ke area Benowo Park kita akan merasakan suasana yang teduh. Hal ini disebabkan karena di kawasan wisata Benowo Park ini terdapat pohon-pohon besar yang rindang yang memberikan keteduhan bagi siapapun yang datang ke sini. Kita akan disuguhkan dengan berjajarnya kios sederhana yang di depannya kita bisa menjumpai aneka kuliner jadul atau jajanan tradisional seperti getuk, srabi, gebral, tiwul, sorgum, kluban, ganyong, irut, clorot,  talas, siwil, tutut/kraca, sate keong dan jajanan lainnya.

Di area sebelah kanan atau barat terdapat taman yang cukup luas dengan banyaknya pepohonan besar. Di sini kita bisa bersantai sambil menikmati suasana di Benowo Park. Kita bisa mendapatkan momen di mana kawanan kera turun dan bisa berdampingan dengan para pengunjung. Seru deh, kita bisa memberi makan mereka juga loh.

Di area ini terdapat gedung yang akan digunakan untuk perpustakaan. Sebelah baratnya lagi ada sebuah bangunan klasik yang dinamai sebagai Balai Rakyat yang bisa digunakan untuk kegiatan seperti rapat atau kegiatan lainnya. Lebih dekat lagi dengan pintu masuk di sebelah baratnya ada area Taman Kelinci dan Taman Labirin.

Sementara itu di sisi sebelah timur terdapat area parkir, toilet dan area untuk wahana memanah dan menembak. Di bagian atas terdapat area Makam Pangeran Benowo, Patih Sampun dan Mbah Jamur Apu.

Kesenian Tradisional
Pada momen Pasar Kamis Wage, pihak pengelola akan menyuguhkan kesenian tradisional berupa Tarian Beruk atau Reksa Wanara serta pertunjukan musik tradisional dengan menggunakan alat musik siter.

Kios Merchandise
Selain penjaja kuliner, di sini ada satu kios yang menjajakan beberapa mainan tradisional serta aneka merchandise mulai dari baju lurik, blankon dan merchandise lainnya. Ini bisa membawa kita ke masa tahun 90-an dimana mainan tradisional menjadi idola anak-anak. Dengan hadirnya kios ini pula, kita bisa memperkenalkan kepada putra-putri kita tentang keasyikan bocah-bocah di masa lampau.

Wahana Kolam Memancing
Buat kalian yang hobi memancing, di kawasan Benowo Park ini terdapat lokasi kolam memancing dengan jenis ikan patin dan nila. Kolam ini juga sebagai wahan edukasi cara memberi makan ikan. Biasanya cocok untuk pengunjung anak-anak yang suka memberi makan ikan. Untuk pemancing sendiri tidak lagi dipungut biaya, pemancing hanya membayar ikan hasil pancingan saja.

Wahana Menembak dan Memanah
Di Benowo Park ini tersedia wahana yang tidak biasa nih, shobat wisata yaitu wahana menembak dan memanah. Untuk menembak kita belajar menembak dengan AWP (Arctic Warfare Police) atau senjata sniper. Kita diarahkan untuk membidik target dengan jarak tembak mulai dari sekitar 15-20 meter. Untuk memanah, masih di area yang sama.

Lokasi Benowo Park
Benowo Park sendiri terletak di Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Berjarak kurang lebih 8,6 km dari Alun-alun Pemalang ke arah selatan melalui jalur Pemalang – Randudongkal via Jalan A.Yani, Jalan Gatot Subrot dan Jalan DI Panjaitan. Setelah sampai di Pasar Paduraksa atau sebelum Gapura Selamat Jalan Kota Pemalang, belok kiri ke arah Desa Sungapan, nanti belok kanan ke arah Bendung Leis (perbatasan Desa Sungapan dan Desa Penggarit). Tidak jauh dari situ, belok ke kanan menuju Benowo Park. Lebih jelasnya silahkan lihat peta ini.

Fasilitas

    • Toilet
    • Parkir
    • Musholah
    • Perpustakaan (segera)
    • Balai Rakyat (gedung pertemuan)

Daftar harga tiket :
Harga Tiket Masuk (HTM) : Rp 3.000
Taman Kelinci : Rp 5.000
Taman Labirin : belum dibuka
Wahana Menembak : Rp 20.000
Wahana Memanah : Rp 10.000

 

foto utama: Iqdam Kholis