Kuliner Pemalang – Lontong Dekem

Kuliner Pemalang – Kabupaten Pemalang memiliki beragam warisan kuliner khas, sederhana, dan memiliki cita rasa yang unik. Salah satunya adalah lontong dekem. Rasa dan namanya memang unik yah shobat wisata. Seperti filosofi dari namanya sendiri, Lontong Dekem makan lontong sambil ndekem, hehe.

Nama lontong dekem diambil dari cara makannya yang semula adalah makan di gelaran alias bahasa khas Pemalangnya, “ndekem”. Dalam penyajiannya disajikan dalam wadah yang terbuat dari daun pisang direkatkan dengan potongan lidi (biting). Hal tersebut disampaikan salah satu penjual lontong dekem yang merupakan generasi kedua, Bapak Kasirin yang menjajakan kuliner lontong dekemnya di Jalan RE Martadinata Pemalang.

  • Retno GS.

Seiring berjalannya waktu, baik penyajian maupun tempat makannya pun berubah. Kini wadahnya menggunakan mangkuk dan tempat makannya sudah menggunakan meja lengkap dengan kursinya.

Nah, menurut Pak Kasirin, salah satu yang khas dari lontong dekem adalah tulang lunak dari ayam kampung yang digoreng. Tulang lunak goreng ini dimasukkan ke dalam sajian semangkuk lontong dekem. Campuran lain yang dimasukkan dalam penyajian lontong dekem adalah daun bawang dan krupuk usel yang sudah diremuk.

Selain semangkuk lontong dekem, biasanya disajikan juga sate ayam dan sate jeroan ayam. Sate ayamnya sendiri dipotong tipis dan berkuah.

Saat menikmati lontong dekem, kita akan mendapatkan rasa gurih, sedikit manis. Terasa juga campuran sedikit tauco. Dijamin bakal memberikan kesan tersendiri buat yang makan.

Penjual lontong dekem kebanyakan masih menggunakan tenda dan terpusat di area Alun-Alun Pemalang dan Jalan RE Martadinata sebelah utara Alun-Alun Pemalang.

Berikut daftar penjual lontong dekem di Pemalang yang bisa kita kunjungi :

Lontong Dekem Pak Kasirin
Jl. RE Martadinata Pemalang

Lontong Dekem Pak Drajat
Jl. RE Martadinata Pemalang
Jl. Mochtar Pemalang (Alun-Alun Pemalang)

Lontong Dekem Pak Da’an
Jl. RE Martadinata Pemalang

Lontong Dekem Pak Sidul
Jl. RE Martadinata Pemalang (utara rel Kereta Api Pelutan)

Lontong Dekem Banjardawa
Jl. Piere Tendean, Desa Banjardawa

 

Harga 

Tenang, harga seporsi lontong dekem cukup terjangkau dan ga bakal kantong bolong. Per porsinya sendiri lontong dekem dijual mulai dari Rp 8.000, sedangkan untuk sate ayam dan sate jeroan mulai dari Rp 4.000.